Hadirkan “Firefox OS App Days”, Mozilla Indonesia Tawarkan Peluang Global Bagi Pengembang Aplikasi Lokal

Senin, 21 Januari 2013, Mozilla Indonesia dengan bangga menghadirkan acara “Firefox OS App Days” di Jakarta, Indonesia. Kehadiran acara ini menempatkan Indonesia sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan acara global tersebut bersama 23 negara lainnya di seluruh dunia dalam kurun waktu 19-26 Januari 2013.

Firefox OS App Days - Jakarta

Bukan pekerjaan yang mudah bagi Mozilla Indonesia sebagai penyelenggara acara ini dalam meyakinkan komite acara di kantor pusat Mozilla bahwa Indonesia layak menjadi bagian dari acara untuk menyambut kehadiran Firefox OS (sistem operasi mobile oleh Mozilla) itu.

“Kami yakin para pengembang aplikasi di Indonesia sangat layak mendapat peluang yang sama dengan negara-negara lain untuk memperkenalkan atau menciptakan aplikasi mobile bagi Firefox Marketplace dan ponsel Firefox OS yang segera hadir,” kata Viking Karwur, Ketua Panitia “Firefox OS App Days – Jakarta”.

Keyakinan itu terbukti dengan sambutan dan antusiasme terhadap acara ini. Setelah pendaftarannya dibuka pada 27 Desember 2012 lalu, sehari kemudian tiketnya sudah habis dipesan calon peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Firefox OS App Days - Jakarta

Di Asia Tenggara, acara resmi “Firefox OS App Days” hanya diadakan di Indonesia dan Filipina. “Bahkan Indonesia mendapat kesempatan paling pertama setelah penyelenggaraan perdana di Mountain View, California pada Sabtu, 19 Januari 2013 lalu,” ungkap Viking dengan bangga.

Sebagai pembicara utama, “Firefox OS App Days” di Jakarta menghadirkan Evelyn Hung, staf dan pengembang aplikasi di kantor Mozilla Taiwan. Evelyn juga memandu para peserta dalam sesi Hacking di acara ini.

“Karena menggunakan teknologi open web yang sudah lebih dahulu dikenal sebelumnya, maka para pengembang tidak perlu belajar lagi dari awal untuk membuat aplikasi bagi Firefox OS. Ini memudahkan mereka. Pengembang juga tidak terkunci dalam sebuah ekosistem yang hanya dikendalikan oleh pihak tertentu, ” kata Evelyn mengenai peluang bagi pengembang.